MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KISAH HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW KELAS IV DI SD NEGERI 02 TALUDITI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kisah Hijrah Nabi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 2 Taluditi Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Kisah Hijrah Nabi Muhammad SAW. Sebelum diterapkannya metode Problem Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 5 siswa (16%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 65.2. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 9 siswa (46%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 23 siswa (94%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 94.70. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam materi Kisah Hijrah Nabi selama proses pembelajaran.