HASIL BELAJAR IMAN KEPADA HARI AKHIR MELALUI RECIPROCAL TEACHING PESERTA DIDIK

Authors

  • Yulianti Tuti Tahir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Iman Kepada Hari Akhir dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Reciprocal Teaching. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMP Negeri 1 Popayat Barat Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Reciprocal Teaching berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Hari Akhir dengan berbagi. Sebelum diterapkannya metode Reciprocal Teaching hasil belajar siswa secara klasikal hanya 7 siswa (70%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 77.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 2 siswa (100%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82.5 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82.5. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-30