PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS V SDN 03 POPAYATO TIMUR

Authors

  • Supran Alihi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hidup lapang dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Media Audio Visual. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B1 SDN 03 Popayat Timur Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Media  Kooperatif Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup lapang dengan berbagi. Sebelum diterapkannya metode Media  Kooperatif Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 5 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 2 siswa (20%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75.0 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 90.0. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-30