PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ZAKAT SISWA KELAS VI SDN 02 POPAYATO BARAT

Authors

  • Sudrajat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa  pada materi zakat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI fase C SDN 02 Popayato Barat Tahun Pelajaran 2023/2024, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berhasil meningkatkan literasi peserta didik pada materi zakat. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dari 10 orang siswa hanya 2 siswa (20%) yang tuntas dalam pembelajaran pada materi zakat dengan nilai rata-rata 57,2. Setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siklus I sebanyak 4 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 9 siswa (90%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 81. Dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-30