MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI PUASA RAMADHAN

Authors

  • Sri Hindun Daud

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Hidup lapang dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Contextual Teaching Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B  SDN 1 Duhiadaa Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Contextual Teaching Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Puasa Ramadhan. Sebelum diterapkannya metode Contextual Teaching Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 69.44. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 76.42 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 84,70. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-30