MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENERAPKAN DISKUSI SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARANYA PADA MATERI AKIKAH DAN KURBAN

Authors

  • Rubangi

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Akikah dan Kurban melalui penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi diskusi. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran ini adalah rendahnya pemahaman dan keterlibatan peserta didik dalam materi Akikah dan Kurban yang dianggap abstrak dan sulit dipahami. Penelitian ini dilakukan di kelas IX di sebuah sekolah menengah, dengan jumlah peserta didik 30 orang. Metode yang diterapkan adalah CTL yang dipadukan dengan strategi diskusi kelompok. Melalui diskusi, peserta didik diharapkan dapat mengaitkan materi dengan kehidupan nyata mereka, memperdalam pemahaman konsep, serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Penelitian ini menggunakan desain siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar peserta didik, baik dalam aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Penerapan strategi diskusi dalam konteks CTL terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman konsep yang lebih mendalam mengenai materi Akikah dan Kurban. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru mengintegrasikan metode CTL dan strategi diskusi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Downloads

Published

2024-04-30