MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE STORYTELLING PADA MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT ALLAH( KELAS VII SMP NEGERI 2 DUHIADAA SATAP)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Iman kepada malaikat Allah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode storytelling. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMP Negeri 2 Duhiadaa Satap Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode storytelling berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Iman kepada malaikat Allah. Sebelum diterapkannya metode storytelling motivasi belajar peserta didik secara klasikal hanya 3 peserta didik (23,1%) yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 75,4 yang tuntas dalam pembelajaran Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 peserta didik (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75.4 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 13 peserta didik yang tidak tuntas ada 0 Peserta didik atau 0% yang tidak tuntas dan (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82,.6. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.