PENERAPAN METODE MARKETPLACE ACTIVITY (MPA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI AKHLAK DI KELAS V SD

Authors

  • Harnia Mahabu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi toleransi beragama di kelas V SDN 07 Randangan melalui penerapan metode Marketplace Activity. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa yang teridentifikasi dari nilai pre-test, di mana hanya 42,85% siswa yang tuntas. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai meningkat dari 48,9 pada pra siklus menjadi 75 pada siklus II, serta persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 42,85% menjadi 80%. Selain itu, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat dari 40,7% pada siklus I menjadi 70% pada siklus II. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode Marketplace Activity efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran toleransi beragama, sehingga disarankan untuk diimplementasikan secara lebih luas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Published

2024-04-30