PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Mohamad Hasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada elemen sejarah kebudayaan islam yang berfokus pada materi keteladanan sifat nabi Muhammad saw setelah menjadi rasul pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas 3 SDN 08 Randangan Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Contextual Teaching Learning (CTL) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi materi keteladanan sifat nabi Muhammad saw setelah menjadi rasul. Sebelum diterapkannya metode Contextual Teaching Learning (CTL) berhasil, hasil belajar siswa secara klasikal sebelum dilakukan tindakan hanya mendapat 69,10% dari hasil pra siklus. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 10 siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75,13 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 13 siswa tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83,5. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-30