PENERAPAN PADA PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AKHLAK TERPUJI KELAS 1V SDN 03 WANGGARASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akhlak terpuji di kelas IV. Pendekatan PBL dipilih karena dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan bermakna bagi siswa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Wanggarasi. dengan melibatkan 10 siswa sebagai subjek penelitian.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkannya metode PBL. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam nilai rata-rata hasil belajar siswa, yang mengindikasikan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi akhlak terpuji.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akhlak terpuji di kelas IV. Penelitian ini juga merekomendasikan agar guru mempertimbangkan penggunaan PBL dalam proses pembelajaran untuk mendorong partisipasi aktif siswa dan menanamkan nilai-nilai moral yang penting bagi perkembangan karakter mereka.