PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAI MATERI SHALAT JUM’AT KELAS IV DI SDN 05 LEMITO
Abstract
Penelitian ini menerapkan model Picture and Picture dalam pembelajaran PAI materi Sholat Jum’at. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran PAI materi Sholat Jum’at di SDN 05 Lemito, untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI melalui model pembelajaran picture and picture pada kelas IV SDN 05 Lemito yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualifikasi aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 78.84 termasuk kategori baik dan pada siklus II dengan rata-rata 91.07 yang termasuk kategori sangat baik. Sedangkan Aktivitas siswa pada saat penerapan model picture and picture pada materi Sholat Jum’at adalah baik, yang mana pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,92 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 94.23.(2) Penerapan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI. Hal ini dibuktikan bahwa ada peningkatan pada ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 64%, dan pada siklus II meningkat menjadi 91,66.