PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT FARDU PESERTA DIDIK MELALUI DIRECT DEMONSTRATION METHOD

Authors

  • Gufran Ma’ruf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan praktik shalat fardu  melalui direct demonstration method. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A  SDN 04 Taluditi Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode direct demonstration method berhasil meningkatkan praktik shalat fardu. Sebelum diterapkannya metode direct demonstration method hasil belajar siswa secara klasikal hanya 5 siswa (47,8%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 7 siswa (52,1%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 5 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-30