INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI "MENJADI KHALIFATULLAH FILL ARD PENEBAR KASIH SAYANG" UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 1 TALUDITI

Authors

  • Sintiya Fransiska H. Hippy

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk generasi berkualitas, di mana hasil belajar menjadi indikator utama efektivitas pembelajaran. Namun, di SMP Negeri 1 Taluditii, motivasi belajar pada materi kasih sayang masih rendah, menunjukkan peserta didik kesulitan memahami dan menginternalisasi nilai-nilai moral tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dan Differentiated Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi kasih sayang, jenis penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  dilakukan sebanyak 2 siklus, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX dengan jumlah 12 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar pada pra siklus Peserta didik masih sangat rendah, sedangkan pada tahap siklus I peserta didik yang sudah termotivasi sudah mengalami peningkatan namun masih sebagian kecil peserta didik, dan  pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan presentase peserta didik  yang sudah termotivasi 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa integrasi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Differentiated Based Learning dan  dapat meningkatkan hasil motivasi belajar peserta didik

Downloads

Published

2024-04-30