MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE AUDIO VISUAL PADA MATERI PUASA SUNAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi puasa sunah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Audio Visual. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C SDN 05 Patilanggio Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Audio Visual berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Puasa sunah Sebelum diterapkannya metode Audio Visual hasil belajar siswa secara klasikal hanya 5 siswa (33,33%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 49,47. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (53,33%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70,43 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 86. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran