PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEWAJIBAN TERHADAP JENAZAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 TALUDITI SATAP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning, PJBL) dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang kewajiban terhadap jenazah di kelas VIII SMP Negeri 4 Taluditi SATAP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus, siswa diberi kesempatan untuk bekerja dalam kelompok untuk merancang dan melaksanakan proyek yang berkaitan dengan materi kewajiban terhadap jenazah, yang mencakup teori serta praktik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi kewajiban terhadap jenazah. Selain itu, pembelajaran berbasis proyek ini juga mendorong siswa untuk lebih aktif berdiskusi, bekerja sama, dan mengembangkan keterampilan kritis dalam memahami konsep-konsep yang diajarkan. Dengan demikian, PJBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan karakter di SMP Negeri 4 Taluditi SATAP.