PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI MENYAYANGI ANAK YATIM MELALUI PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan dari penelitian t untuk mengetahui peningkatan Pemahaman Peserta didik Materi Menyayangi Anak Yati melalui Problem Based Learning penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C SDN 1 Sumalata Timur Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi hasil penelitian diperoleh model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Menyayangi Anak Yatim. Sebelum diterapkannya model Problem Based Learning hasil belajar peserta didik yang terlibat aktif 40% dan yang tidak terlibat 60%, hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru membosankan sehingga peserta didik kurang tertarik dan tidak bersemangat dalam proses pemeblajaran. Selain itu hasil tes formatif menunjukkan perolehan nilai peserta didik hanya mencapai 40 % yang tuntas, sedangkan yang tidak mencapai ketuntasan 60%. Setelah diterapkan model ini pada siklus I sebanyak 8 peserta didik (66,67 %) yang tuntas pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 peserta didik (100%) tuntas dalam pemebelajaran. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.