UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BERIMAN KEPADA RASUL – RASUL ALLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Ni’ma Paneo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Beriman Kepada Rasul-rasul Allah" melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas IV SD Negeri 16 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara semester ganjil tahun ajaran 2024-2025. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi tersebut, yang terlihat dari kurangnya pemahaman dan keterlibatan aktif siswa selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, yang tercermin dari peningkatan skor rata-rata nilai ulangan harian pada siklus kedua dibandingkan dengan siklus pertama. Selain itu, peserta didik juga menunjukkan peningkatan dalam keterampilan berpikir kritis dan kemampuan dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada materi "Beriman Kepada Rasul-rasul Allah" pada peserta didik kelas IV SD Negeri 16 Anggrek.

Downloads

Published

2024-02-20