MENIGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP GERAKAN SALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS 5 TUNA GRAHITA SLB NEGERI GORONTALO UTARA

Authors

  • Munarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman gerakan salat siswa kelas 5 tuna grahita di SLB Negeri Gorontalo Utara melalui metode demonstrasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dari prasiklus ke siklus II. Pada prasiklus, tingkat ketuntasan hanya mencapai 41,67%, sedangkan setelah penerapan metode demonstrasi, tingkat ketuntasan meningkat menjadi 91,67% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa tuna grahita terhadap gerakan salat.

Downloads

Published

2024-02-20