MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI & BP MATERI MELESTARIKAN ALAM, MENJAGA KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup Melestarikan alam, Menajaga Kehidupan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C1 SMP Negeri 5 Atinggola Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah menggunakan model PBL Dimana dapat dilihat dari peningkatan rata-rata perolehan hasil nilai rata- rata tersebut dari siklus I sebesar 77 (jumlah : 770) atau (77.6%) dan meningkat pada siklus II sebesar 84.7 (jumlah : 847 atau (84,7%).