MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERAN DAN JASA KHULAFAURRASYIDIN FASE C KELAS VI SDN 8 MONANO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi peran dan jasa Khulafaurrasyidin dikelas SD Negeri 8 Monano, Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Subjek dari penelitian ini adalah kelas 6 SDN 8 Monano Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dari penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus pertama hasil observasi aktifitas peserta didik mencapai presentase 81% dan hasil belajar peserta didik yang tuntans 4 orang (66,7%) dan pada siklus 2 terjadi peningkatan aktifitas peserta didik mencapai 97% serta hasil belajar peserta didik yang tuntas 10 orang (100%). Secara keseluruhan, penerapan model pembelajaran problem based learning tidak hanya berfungsi untuk menyajikan pembelajaran yang menarik, tetapi juga mendukung proses konstruktivisme dengan memberikan peserta didik kesempatan untuk berinteraksi, berdiskusi, dan membangun pengetahuan secara aktif.