PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA MATERI ASMAUL HUSNA KELAS IV SDN 12 ATINGGOLA

Authors

  • Lisna Gobel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Asmaul Husna dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Kooperatif Jigsaw. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C1 SDN 12 Atinggola Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Kooperatif Jigsaw berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna. Sebelum diterapkannya metode Kooperatif Jigsaw hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-02-20