UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA FASE A KELAS II DI SD NEGERI 8 KWANDANG

Authors

  • Liska Tina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media audio visual di SDN 8 Kwandang khusus pada materi “asmaul husna” Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas II SDN 8 Kwandang Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah media audio visual yang diaplikasikan berbasis video dan gambar bersuara akan dapat menciptakan suasana belajar yang dapat menarik peserta didik untuk berpartisipasi aktif selama proses kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran, serta terlihat jelas siswa sangat antusias mengikuti pelajaran. Pada siklus pertama hasil observasi aktifitas peserta didik mencapai presentase 46 % dari hasil belajar peserta didik yang tuntas 4 orang dan pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mencapai 100% dengan jumlah peserta didik yang tuntas 14 orang.

Downloads

Published

2024-02-20