UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW PADA MATERI KISAH HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW KELAS IV DI SDN 4 MONANO KAB. GORONTALO UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kisah hijrah Nabi Muhammad SAW melalui penerapan metode pembelajaran Cooperative Learning model Jigsaw. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 4 Monano, Kabupaten Gorontalo Utara, dengan subjek penelitian sebanyak 20 peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Jigsaw secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, rata-rata nilai peserta didik mencapai 70, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 65%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 85, dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 90%. Selain itu, penerapan model ini juga meningkatkan partisipasi aktif dan kerjasama peserta didik selama proses pembelajaran dan merekomendasikan guru untuk memanfaatkan model Jigsaw sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif.