UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI MENYAMBUT USIA BALIG FASE B PESERTA DIDIKKELAS 4 SDN 20 KWANDANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4 SDN 20 Kwandang melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi menyambut usia balig fase B. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pendidikan yang efektif dan inovatif untuk membantu siswa memahami konsep-konsep yang diajarkan. Metode PBL dipilih karena dapat mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi, berpikir kritis, dan bekerja sama dalam kelompok. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, baik dari segi pemahaman materi maupun keterampilan berbicara di depan umum. Umpan balik konstruktif dari guru juga berperan penting dalam membantu siswa memahami kelebihan dan kekurangan mereka. Dengan demikian, penerapan model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.