MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE TALKING STICK PADA MATERI MENYAMBUT USIA BALIG KELAS IV (FASE B) DI SD NEGERI 5 PONELO KEPULAUAN KAB. GORONTALO UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV (Fase B) di SD Negeri 5 Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, pada materi "Menyambut Usia Balig" melalui penerapan metode Talking Stick. Metode Talking Stick dipilih karena mampu meningkatkan partisipasi aktif, kerja sama, dan rasa tanggung jawab peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rata-rata nilai hasil belajar peserta didik dari pra-siklus ke siklus I, serta dari siklus I ke siklus II. Selain itu, peserta didik menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan metode Talking Stick juga menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan. Dengan demikian, metode Talking Stick efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Menyambut Usia Balig" di kelas IV SD Negeri 5 Ponelo Kepulauan.