PENERAPAN METODE DISKUSI MODEL PBL DI KELAS 5 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDUP LAPANGAN DENGAN BERBAGI TENTANG ZAKAT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Irawaty Naue

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Hidup lapang dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Diskusi Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C SDN 6 Gentuma RayaTahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Diskusi berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup lapang dengan berbagi. Sebelum diterapkannya metode Diskusi hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80,0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 23 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85,00 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 20 siswa (95%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85.0. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-02-20