UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING PADA MATERI SURAH AL-ALAQ AYAT 1-5

Authors

  • Irawati Adjilahu

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mempelajari materi Surah Al-Alaq Ayat 1-5 di kelas. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh kurangnya keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran yang lebih bersifat pasif dan hanya mengandalkan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Surah Al-Alaq Ayat 1-5. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik dalam belajar, serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi Surah Al-Alaq Ayat 1-5. Dampaknya, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah diterapkannya metode ini, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Downloads

Published

2024-02-20