PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI KISAH NABI NUH BAGI PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar siswa kelas II SDN 3 Anggrek terhadap materi Kisah Nabi Nuh melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada minat dan pemahaman siswa, di mana ketuntasan belajar meningkat dari 75% pada siklus pertama menjadi 82% pada siklus kedua. Penerapan PBL terbukti efektif dalam mendorong keterlibatan aktif siswa dan meningkatkan hasil belajar pada materi Kisah Nabi Nuh. Penelitian ini merekomendasikan PBL sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam di sekolah dasar.