MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE RESITASI MATERI MENYAMBUT USIA BALIGH KELAS IV DI SDN 8 TOLINGGULA KAB. GORONTALO UTARA

Authors

  • Dewis Dalanggo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 8 Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara, pada materi "Menyambut Usia Baligh" melalui penerapan metode resitasi. Metode resitasi, yang berfokus pada pemberian tugas belajar secara mandiri di luar jam pelajaran, dipilih untuk melatih tanggung jawab dan kemandirian peserta didik dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rata-rata nilai hasil belajar meningkat dari pra-siklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Selain itu, peserta didik menunjukkan peningkatan dalam hal partisipasi aktif, kemandirian, dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Proses pembelajaran dengan metode resitasi juga menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Dengan demikian, metode resitasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Menyambut Usia Baligh" di kelas IV SDN 8 Tolinggula.

Downloads

Published

2024-02-20