PENERAPAN METODE DIFERENSIASI BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI AKHLAK TERHADAP ORANG TUA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Akhlak Terhadap Orang Tua mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Diferensiasi Based Learning (DBL). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B kelas 3 SDN 1 Tomilito Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Diferensiasi Based Learning (DBL) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Akhlak Terhadap Orang Tua. Sebelum diterapkannya metode Diferensiasi Based Learning (DBL) hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 2 peserta didik (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata- rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 4 peserta didik (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.