MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE PBL PADA MATERI HIKMAH PUASA TERHADAP KESEHATAN TUBUH DI KELAS 3 FASE B SDN 4 SUMALA TIMUR KABUPATEN GORONTALO UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada materi Hikmah Puasa Terhadap Kesehatan Tubuh di kelas 3 fase B SDN 4 Sumala Timur melelui metode PBL. Penelitian ini termasuk penelitian Tindakan kelas ( Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas 3 Fase B SDN 4 Sumala Timur Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, angket, peserta didik, dan guru pengampu. Hasil penelitian diperoleh metode PBL secra signifikan dapat meningkatkan pemahaman Peserta didik kelas 3 SDN 4 Sumalata Timur terhadap Materi Hikmah Puasa terhadap Kesehatan Tubuh. Sebelum diterapkan metode PBL hanya 60 % Peserta didik yang tuntas. Sebaliknya, terdapat 4 Peserta didik 40 % yang belum mencapai ketuntasan. Setelah diterapkan metode tersebut pada siklus I meningkat dari 65% (pra-tindakan) menjadi 75% dan pada siklus II terjadi peningkatan 85%. Peserta didik menunjukkan kemampuan menghubungkan konsep yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari, seperti memahami makna takdir baik dan buruk serta hikmah hari akhir.