PENERAPAN MODEL PRABLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIFASI BELAJAR PADA MATERI TELADAN MULIA ASMAUL HUSNA BAGI PESERTA DIDIK FASE B KELAS 4 SDN 14 ATINGGOLA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya meningkatkan motivasi belajar pada materi Teladan Mulia Asmaul Husna bagi peserta didik Fase B Kelas 4 SDN 14 Atinggola. Model PBL dipilih karena dapat memfasilitasi siswa dalam mengatasi masalah secara langsung melalui pemikiran kritis dan kolaborasi, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa, terutama dalam aspek rasa ingin tahu, keterlibatan dalam diskusi kelompok, dan partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat efektif meningkatkan motivasi belajar pada materi Teladan Mulia Asmaul Husna di kelas 4 SDN 14 Atinggola.