MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING MATERI ZAKAT FITRAH DI KELAS V SDN 13 ANGGREK KAB. GORONTALO UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Discovery Learning pada materi Zakat Fitrah di kelas V SDN 13 Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V SDN 13 Anggrek. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Zakat Fitrah, yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Selain itu, model Discovery Learning juga mendapat respon positif dari siswa, yang terlihat dari peningkatan motivasi dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Zakat Fitrah di kelas V SDN 13 Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara.