UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING PADA MATERI TELADAN MULIA ASMAUL HUSNA KELAS IV SD NEGERI 2 ATINGGOLA
Abstract
Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi teladan mulia asmaul husna melalui penerapan metode cooperative learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Atinggola pada siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi teladan mulia asmaul husna melalui penerapan metode cooperative learning di kelas IV SD Negeri 2 Atinggola. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 50% naik menjadi 90% pada siklus II, atau naik sebesar 40%. Hasil yang diperoleh ini telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar individu sebagaimana yang telah ditetapkan yaitu sebesar 75%.