PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SURAH AL MA’UN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Apning Ismail SDN 4 Tomilito

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 4 Tomilito pada materi Surah Al-Ma’un melalui penerapan metode Make a Match. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 15 peserta didik kelas V, yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 70%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Metode ini terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar metode Make a Match diterapkan secara berkelanjutan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi lain.

Downloads

Published

2023-12-30