UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI QUR'AN SURAH AL-MA'UN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER

Authors

  • Irwan Yunus SD Negeri 14 Tolinggula

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Al-Qur'an Surah Al-Ma’un melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di salah satu sekolah menengah pertama. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata nilai siswa dari siklus pertama ke siklus kedua. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan partisipasi aktif selama proses pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Al-Qur'an Surah Al-Ma’un.

Downloads

Published

2023-12-30