PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA METERI MANFAAT MENGHINDARI PENYAKIT HATI DI KELASX-D SMA NEGERI 1 SUWAWA
Abstract
Ernovia Jelita Hata 2024, Penerapan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Meteri Manfaat Menghindari Penyakit Hati Di Kelas X-D SMA Negeri 1 Suwawa. (Pembimbing: Dr. Fatimah Djafar, M.Si) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Manfaat Menghindari Penyakit Hati" melalui penerapan pembelajaran kooperatif di kelas X-D SMA Negeri 1 Suwawa. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar peserta didik terkait materi tersebut, yang disebabkan oleh kurangnya interaksi aktif antara peserta didik dan metode pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran kooperatif diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dan aktivitas peserta didik yang lebih aktif dalam proses pembelajaran.Penerapan pembelajaran kooperatif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Manfaat Menghindari Penyakit Hati" di kelas X-D SMA Negeri 1 Suwawa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pembelajaran kooperatif dapat diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran di kelas lain untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar.