PENERAPAN METODE DRILL DENGAN PENDAMPINGAN INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN SISWA

Authors

  • Nazman Adudu IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Drill dengan pendekatan individual dalam proses pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dikelas serta untuk menganalisis hasil tes belajar siswa setelah penerapan metode tersebut pada siswa kelas II SDN 3 Bulango Utara. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengenali huruf hijaiyyah, melafalkan makharijul huruf, dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an secara sistematis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Drill dengan pendekatan individual efektif dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa. Pada Siklus I, rata-rata nilai siswa mencapai 80 dengan tingkat ketuntasan 70%. Pada Siklus II, setelah dilakukan perbaikan strategi pembelajaran, rata-rata nilai meningkat menjadi 90 dengan tingkat ketuntasan 90%. Variasi aktivitas pembelajaran dan pendampingan individual yang lebih intensif berkontribusi pada peningkatan ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Drill dengan pendekatan individual mampu meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an sekaligus memperbaiki kualitas proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-12-30