UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI AKU SUKA MEMBACA BASMALAH DAN HAMDALAH DENGAN METODE READING ALOUD PADA SISWA KELAS 1 SDN 6 BULANGO SELATAN
Abstract
Suka Membaca Basmallah dan Hamdalah" pada siswa melalui Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi "Aku penerapan metode Reading Aloud. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I 17 orang yang mengalami kesulitan dalam memahami bacaan Basmallah dan Hamdalah. Metode yang digunakan adalah Reading Aloud yang diterapkan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Reading Aloud dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Basmallah dan Hamdalah, dilihat dari peningkatan hasil tes pemahaman dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang efektif di kelas, khususnya dalam mengajarkan bacaan-bacaan yang penting dalam agama Islam.