PENINGKATAN PEMAHAMAN PERILAKU TERPUJI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DENGAN MEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pemahaman perilaku terpuji peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan media interaktif. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 7 Tapa Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan media interaktif berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Perilaku Terpuji. Sebelum diterapkannya model PBL dengan media interaktif hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 5 peserta didik (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74,9. Setelah diterapkannya model PBL dengan media interaktif tersebut pada siklus I sebanyak 6 peserta didik (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75,7 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 100. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena media interaktif mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.