MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PUASA MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 10 KABILA BONE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III pada materi puasa melalui media video pembelajaran di SD Negeri 10 Kabila Bone. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 orang. Media video pembelajaran dipilih karena dianggap efektif untuk menarik perhatian siswa dan mempermudah pemahaman materi yang disampaikan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan media video pembelajaran. Sebelum menggunakan media video, rata-rata nilai siswa adalah 65,5, dan setelah menggunakan media video, rata-rata nilai meningkat menjadi 85,2. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi puasa, serta meningkatkan hasil belajar secara keseluruhan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran dapat menjadi alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.