PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI AKU ANAK SHALEH DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI FASE B KELAS 4

Authors

  • Rahmawati Mobiya SDN 13 Bonepantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 13 Bonepantai pada materi "Aku Anak Shaleh" dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat signifikan. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 40% pada pra-siklus menjadi 60% pada siklus I, dan mencapai 90% pada siklus II. Penerapan metode PBL terbukti efektif dalam mendorong partisipasi siswa, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam inovasi pembelajaran interaktif yang relevan untuk pendidikan dasar.

Downloads

Published

2023-12-30