PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI “EVERYONE IS A TEACHER HERE”

Authors

  • Masnawi Anwar SDN 2 Bulango Ulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas IV SDN 2 Bulango Ulu dengan menerapkan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian adalah 29 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan tes dengan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aktivitas dan hasil belajar siswa dari pra-siklus hingga siklus kedua. Pada pra-siklus, hanya 34,48% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama, persentase siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 58,62%. Pada siklus kedua, persentase ini meningkat lebih jauh hingga 86,20%. Strategi Everyone Is A Teacher Here terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran, melatih keterampilan berpikir kritis, serta membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Everyone Is A Teacher Here dapat digunakan sebagai alternatif inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Peneliti merekomendasikan agar strategi ini terus digunakan oleh guru dengan dukungan fasilitas pembelajaran yang memadai, serta adanya pelatihan tambahan untuk pengembangan profesional guru.

Downloads

Published

2023-12-30