PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BERDOA KEPADA ALLAH SWT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar sering menghadapi tantangan dalam meningkatkan hasil belajar, khususnya dalam memahami dan mengaplikasikan materi berdoa kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 7 Bone. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berhasil meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik. Pada siklus II, 100% peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan rata-rata nilai mencapai 91,2. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah dasar.