UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI QS. Al-HUJURAT AYAT 13 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Surat Al-Hujurat ayat 13 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Problem Based Laerning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 4 Bulawa Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 15 pesertadidik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Problem Based Laerning berhasil meningkatkan hasil belajar pesertadidik pada materi Surat Al-Hujurat ayat 13. Sebelum diterapkannya metode Problem Based Laerning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 4 siswa (27%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 43. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 7 siswa (46,67%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 69,67 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 siswa (94%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87,53. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.