IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KASIH SAYANG KEPADA SESAMA DI SMP NEGERI 1 BULANGO SELATAN

Authors

  • Rosmawati SMP Negeri 1 Bulango Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi "Kasih Sayang kepada Sesama" di kelas IX SMP Negeri 1 Bulango Selatan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai pra-siklus sebesar 73,6 dan tingkat ketuntasan klasikal hanya 40%. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian melibatkan 10 siswa perempuan kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 76,4 dengan tingkat ketuntasan 70%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,2 dengan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 100%. Selain itu, aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan, dengan persentase capaian aktivitas guru dari 75% pada siklus I menjadi 93,75% pada siklus II, dan aktivitas siswa meningkat dari 53,1% menjadi 75%. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2023-12-31