MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDUP LAPANG DENGAN BERBAGI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS V FASE C DI SDN 99 KOTA UTARA

Authors

  • Mimin Cintiya Karim SDN 99 Kota Utara

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur dalam proses pembelajaran, melakukan PenelitianTindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajarPeserta didik . PTK yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidup Lapang Dengan Berbagi  Menggunakan Metode Pembelajaran  Make A Match  Pada Peserta Didik  Kelas V  Fase C di SDN 99 Kota Utaradengan rumusan masalah apakah dengan menggunakan metode  pembelajaran make a match dapat meningkatkan  hasil belajar peserta didik pada  Materi hikmah Hidup Lapang Berbagi   kelas V Semester I SDN 99 Kota Utara  ?. Data yang diperlukan penulis peroleh melalui penelitian dengan cara melakukan tindakan kelas dan wawancara dengan guru observer. Setelah dianalisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: A. Hakikat pembelajaran  pada materi  Hikmah Hidup Lapang Berbagi Dengan Metode  Pembelajaran make a match pada peserta didik Kelas V . Hakikat hasil belajar pada Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi yaitu dengan mempersiapkan media yang diperlukan dalam pembelajaran tersebut, C.Menerapkan Metode Pembelajaran  make a match dalam proses Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi   Hasil pembahasan pada pelaksanaan perbaikan pelajaran siklus I dan siklus II Setelah diadakan perbaikan persiklus pada siklus I dan siklus II ternyata hasil belajar mengalami kenaikan, hasil dari evaluasi pada pra siklus sebesar 19 % naik menjadi 81 % pada siklus I. Kenaikan hasil ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 62 %. Karena hasil pembelajaran belum mencapai target KKTP yang ditentukan, maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran siklus II.Pada perbaikan siklus II diperoleh hasil kenaikan yang signifikan pada siklus I dari ketuntasan belajar sebesar 81 % naik menjadi 100% ketuntasan belajar. Sehingga ketuntasan belajar peserta didik kelas V Fase C SDN 99 Kota Utara dianggap telah mencapai KKTP  maka tidak diperlukan lagi perbaikan pembelajaran suklus III. Strategi belajar peserta didik yang dilaksanakan dengan metode  pembelajaran make a match  tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi.

Downloads

Published

2023-12-02