MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDUP LAPANG DENGAN BERBAGI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS V FASE C DI SDN 99 KOTA UTARA
Abstract
Hasil belajar merupakan tolak ukur dalam proses pembelajaran, melakukan PenelitianTindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajarPeserta didik . PTK yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidup Lapang Dengan Berbagi Menggunakan Metode Pembelajaran Make A Match Pada Peserta Didik Kelas V Fase C di SDN 99 Kota Utara”dengan rumusan masalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi hikmah Hidup Lapang Berbagi kelas V Semester I SDN 99 Kota Utara ?. Data yang diperlukan penulis peroleh melalui penelitian dengan cara melakukan tindakan kelas dan wawancara dengan guru observer. Setelah dianalisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: A. Hakikat pembelajaran pada materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi Dengan Metode Pembelajaran make a match pada peserta didik Kelas V . Hakikat hasil belajar pada Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi yaitu dengan mempersiapkan media yang diperlukan dalam pembelajaran tersebut, C.Menerapkan Metode Pembelajaran make a match dalam proses Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi Hasil pembahasan pada pelaksanaan perbaikan pelajaran siklus I dan siklus II Setelah diadakan perbaikan persiklus pada siklus I dan siklus II ternyata hasil belajar mengalami kenaikan, hasil dari evaluasi pada pra siklus sebesar 19 % naik menjadi 81 % pada siklus I. Kenaikan hasil ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 62 %. Karena hasil pembelajaran belum mencapai target KKTP yang ditentukan, maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran siklus II.Pada perbaikan siklus II diperoleh hasil kenaikan yang signifikan pada siklus I dari ketuntasan belajar sebesar 81 % naik menjadi 100% ketuntasan belajar. Sehingga ketuntasan belajar peserta didik kelas V Fase C SDN 99 Kota Utara dianggap telah mencapai KKTP maka tidak diperlukan lagi perbaikan pembelajaran suklus III. Strategi belajar peserta didik yang dilaksanakan dengan metode pembelajaran make a match tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi.