MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGENAL RUKUN ISLAM MELALUI VIDIO PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I DI SDN 8 LABUAN KECAMATAN LABUAN KABUPATEN DONGGALA
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi rukun islam di Kelas 1 SDN 8 Labuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 1 SDN 8 Labuan pada tahun ajaran 2023 dengan jumlah siswa 27 orang. Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan,(3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan murid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode project basaed learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hormat dan patuh pada orang tua dan guru. Hasil evaluasi awal nilai yang diperoleh siswa rata-rata sebesar 75,11 dengan persentase ketuntasan mencapai 55,56%. Evaluasi pada akhir siklus I nilai siswa menunjukan peningkatan menjadi 77,56 dengan ketuntasan mencapai 70,37%. Pada siklus II perolehan nilai siswa kembali menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan siswa 80,11 dengan persentase ketuntasan mencapai 88,89%. Pencapaian siswa pada siklus II menunjukan peningkatan yang sekaligus manjadi akhir dari pelaksanaan pembelajaran untuk pokok bahasan hormat dan patuh pada orang tua dan guru, sebab standar ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah adalah jika 80% siswa memperoleh nilai ≥ 80.