UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA MATERI MENGKAJI DAN MEMBACA Q.S AL-HUJURAT DI KELAS IV SDN 31 KENDARI

Authors

  • Rachmawaty SDN 31 KENDARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar  Pendidikan Agama Islam,khususnya dalam pemahaman makna Surah Al-Hujurat/ 49:13,peserta didik kelas IV SD Negeri 31 Kendari melalui metode pemeblajaran kooperatif “ Make A Match. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 31 Kendari tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran  Make A Match terdapat perubahan hasil belajar siswa yang cukup baik, ini ditandai dari skor rata-rata pada post tes siklus I yang berkisar 61,54 sampai 92,31 dengan persentase ketuntasan sebesar 45 %. sementara pada siklus II mengalami peningkatan dengan besaran peningkatan rata-rata skor sebesar 14,77 poin peningkatan yakni dari 73,85 menjadi 88,46, sedangkan persentase ketuntasan meningkat sebesar 55 % dari 45 % menjadi 100 %. Berdasarkan catatan lapangan bahwa aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan metode pembelajaran  Make A match  ternyata siswa sangat antusias. Hal ini terbukti bahwa dalam kegiatan pembelajaran aktivitas siswa terhadap seluruh aspek yang diamati dapat dilakukan dengan baik oleh siswa. Hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran  Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Downloads

Published

2023-12-01