MENERAPKAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL HAFALAN AL-QURAN HADIST PADA MATERI INSPIRASI AL-QURAN KELAS VIII.B SMPN 2 KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan Hasil Belajar hafalan Al-Quran peserta didik dengan Menggunakan Metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (classromm Action research). Subjek penelitian ini adalah Fase D di SMP Negeri 2 Kendari Tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 30 peserta didik. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah Test, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis Penelitian yang dilakukan dengan metode pembelajaran tutor sebaya berhasil meningkatkan hasil belajar Hafalan peserta didik pada materi Inspirasi Al-Quran. Sebelum diterapkannya metode tutor sebaya hasil belajar hafalan siswa secara klasikal hanya 8 siswa (36%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70,7. Setelah diterapkannya metode tutor sebaya pada siklus I sebanyak 18 siswa (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74,26 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 28 siswa (93,33%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 88.46. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.